Blogs

Wisata Indonesia

Banyaaak sekali destinasi ataupun atraksi wisata di Indonesia yang populer di kalangan turis mancanegara, sekaligus mendapat penghargaan atau pengakuan internasional. Sebagai anak bangsa tentu kita bangga. Nah, pada kesempatan kali ini, tepat di hari peringatan ke-75 Kemerdekaan Indonesia, MyTrip memilihkan 13 destinasi wisata Indonesia yang membanggakan dan membangkitkan semangat patriotisme. Ada yang nama objek wisatanya saja, kawasannya saja, nama pulau, ataupun nama provinsi. Urutan dari barat ke timur, tidak menggambarkan peringkat.
 
1. DANAU TOBA
 
Danau terbesar di Indonesia yang terbentuk karena ledakan dahsyat Gunung Toba 74.000 tahun lalu ini reputasinya mendunia. Telah diakui UNESCO sebagai salah satu Geopark Dunia (Global Geopark). Keindahannya tak pernah habis dieksplor saking luas dan banyaknya spot cantik di danau yang dikelilingi 7 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara ini. Belum lagi adanya Pulau Samosir di tengah danau yang juga menawarkan beragam pesona.
 
Menikmati Danau Toba bisa dari banyak tempat antara lain dari Tele, Bukit Holbung dan Bukit Pusuk Buhit di Kabupaten Samosir, Taman Simalem Resort di Tongging Kabupaten Karo, Balige di Kabupaten Toba Samosir, Desa Hutaginjang di Kabupaten Tapanuli Utara. View point ke arah Danau Toba yang populer juga adalah kawasan Air Terjun Sipiso Piso di Desa Tongging.
 
Ke sini: Sejak Bandara Silangit (Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII) di Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara resmi dibuka tahun 2017, ke Danau Toba menjadi lebih cepat.
 
2. NATUNA
 
Letaknya yang terluar di lintang utara di bujur barat negeri kita dan menghadap langsung Laut Natuna Utara (alias Laut Cina Selatan) membuat Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau ini sempat menjadi bunga berita. Terutama saat ada kapal China yang masuk ke perairan di sekitar Pulau Natuna yang diapit Semenanjung Malaya di sebelah barat, Sarawak di timur, juga Vietnam di seberang utara.
 
Kabupaten Natuna yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional sejak akhir 2018 ini memiliki begitu banyak objek wisata yang breathtaking! Mayoritas berupa hamparan batu-batu granit raksasa bertekstur di pantai maupun bukit. Bukan hanya Alif Stone Park yang paling populer, tapi ada juga Batu Sindu (Tanjung Senubing), Tanjung Datuk, Pantai Batu Kasah, Pantai Lubang Kamak, Batu Rusia. Juga terdapat pulau indah berpasir putih yakni Pulau Senua, Pulau Setanau, dan banyak lagi.
 
Ke sini: Dari Jakarta terbang ke Batam 1 jam 45 menit. Dari Batam sambung terbang ke Ranai di Natuna 1 jam 25 menit.
 
3. BROMO
 
Jadi orang Indonesia, apalagi yang tinggal di Pulau Jawa, tapi belum ke Bromo itu memprihatinkan lho.... Maaf ya... Wisatawan dunia saja mengakui, salah satu sunrise terindah di muka bumi ya di Bromo, tepatnya dari Bukit Pananjakan ke arah Bromo dengan latar si gagah Mahameru. Foto sunrise Bromo begitu fenomenal, epik dan magis! Menjadi bucket list banyak orang di seluruh dunia. Sunrise Bromo dengan angle berbeda juga bisa dinikmati dari Puncak B29 dan B30. Selengkapnya baca di sini.
 
Kaldera Bromo yang bersebelahan dengan Gunung Batok masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur. Banyak tempat yang bisa dilihat di antaranya Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Pura Luhur Poten, Kawah Bromo. Juga ada Upacara Kasodo.
 
Ke sini:
 
- Dari Jakarta bisa terbang ke Malang (Bandara Abdul Rachman Saleh) ataupun Surabaya (Bandara Juanda) dengan durasi +/-1,5 jam.
 
- Dari Bandara Juanda bisa ke Malang, Pasuruan, atau Probolinggo; 1,5-2 jam (sekarang bisa lebih cepat karena ada tol).
 
4. CANDI BOROBUDUR
 
Selain Bali, Indonesia dikenal dunia karena Candi Borobudur, yang berada di Magelang Jawa Tengah. Ya, Candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun abad ke-9 ini merupakan kebanggaan bangsa kita, dan kerap dijadikan ikon pariwisata Indonesia, juga masuk dalam 7 Keajaiban Dunia.
 
Candi yang dibangun Raja Samaratungga ini memiliki kurang lebih 1.460 relief dan 500 lebih stupa. Selain naik dan mengelilingi candinya, dari puncaknya kita juga bisa menikmati penampakan Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu serta perbukitan Menoreh.
 
Aktivitas favorit banyak orang lainnya adalah menunggui sunrise dari puncak candi ke arah pegunungan di sekitarnya, ataupun sebaliknya, dari Bukit Punthuk Setumbu ke arah Candi Borobudur. Keduanya sama-sama syahdu dan menggetarkan! 
 
Ke sini pantai gunung kidul: Dari Jakarta atau kota-kota lain bisa naik pesawat atau kereta ke Kota Yogyakarta. Lalu lanjutkan berkendara sekitar 2 jam ke Kota Magelang, kemudian ke Desa Muntilan, tempat Candi Borobudur berada.
 
5. TANJUNG PUTING
 
Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah mulai tenar sejak aktris Julia Roberts bertandang ke sini. Kegiatan utamanya adalah susur Sungai Sekonyer dengan perahu klotok untuk bertemu langsung dari jarak dekat dengan orangutan di habitat aslinya (hanya di Indonesia). Plus bonusnya merasakan ketenangan hutan di pagi buta atau tengah malam karena untuk berwisata di sini kita harus tinggal di atas kapal klotok yang berlabuh di sungai. Bonus lainnya, kita bisa melihat koloni bekantan, lutung, monyet ekor panjang, buaya, aneka burung, kunang-kunang, juga fauna-fauna khas hutan tropis.
 
TN Tanjung Puting yang luasnya 415.040 hektar merupakan pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia dan sekaligus juga cagar biosfer yang ditetapkan UNESCO.
 
Ke sini:
 
- Dari Jakarta terbang ke Pangkalan Bun (Bandara Iskandar), durasi: 1 jam 15 menit. Dari Surabaya dan Semarang juga ada penerbangan langsung ke Pangkalan Bun.
 
- Dari Bandara Iskandar berkendara 20 menit ke Pelabuhan Kumai. Dari situ naik kapal klotok yang akan menjadi hotel terapung selama kita di sini. Sekitar 1 jam susur sungai, tiba di feeding station pertama, Tanjung Harapan. Feeding Station lainnya Pondok Tanggui dan Camp Leakey.
 
6. BALI
 
Walaupun oleh pemerintah sudah banyak dikembangkan Bali-Bali Baru, tapi Pulau Dewata tetap menjadi andalan pariwisata Indonesia. Tak perlu deskripsi panjang untuk menguatkan bahwa Bali adalah kebanggaan bangsa Indonesia yang sangat populer di mata dunia, bahkan terkadang lebih populer daripada Indonesia sendiri.
 
Bali menawarkan wisata lengkap: wisata budaya, bahari, gunung, petualangan, leisure, kuliner, religi, termasuk juga aneka wisata minat khusus. Fasilitasnya jangan ditanya lagi, super lengkap. Pilihan berwisata bujet maupun mewah tersedia. Dalam masa pandemi Covid 19 ini Bali juga boleh dibilang paling siap membuka kembali pariwisatanya.
 
7. GUNUNG RINJANI
 
Coba tanyakan pada para trekkers dunia apakah mereka tahu Gunung Rinjani? Hampir dipastikan jawabannya YA. Gunung Rinjani di Lombok NTB memang menjadi impian banyak pendaki karena keindahannya. Mulai dari sabananya, Danau Segara Anak dengan Gunung Baru Jarinya, sunrise dan susnet-nya, dan terutama pemandangan dari puncaknya yang spektakuler.
 
Gunung tertinggi ke-3 di Indonesia (3.726 mdpl) ini telah ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO. Siapa pun bisa mendakinya asal dibekali latihan fisik. Pendakian bisa dimulai dari Desa Sembalun maupun Desa Senaru.
 
Ke sini: Dari Jakarta atau kota asal terbang dulu ke Lombok. Lalu dari bandara ke Desa Sembalun ataupun ke Senaru kurang lebih sama 2-2,5 jam berkendara.
 
8. LABUAN BAJO
 
Entah kenapa nama Labuan Bajo belakangan ini menjadi lebih ngetop dari nama kawasan wisata yang menjadi andalannya yakni Taman Nasional Komodo. Jadi MyTrip pun ikutan menuliskan Labuan Bajo alih-alih TN Komodo. Labuan Bajo itu nama kota gerbang masuk ke kawasan TN Komodo, berada di Pulau Flores NTT. Merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.
 
Taman nasional yang berupa kumpulan pulau-pulau di perairan antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores ini ketenarannya memang santer ke seantero dunia. Banyak selebritis dunia yang pernah melewatkan liburannya di TN Komodo di antaranya Gwyneth Paltrow dan Valentino Rossi. Bukan cuma karena di sanalah hidup kadal terbesar dan satu-satunya di dunia bernama komodo (Varanus komodoensis), tapi juga karena dunia bawah lautnya yang memincut para penyelam dengan variasi ikan dan terumbu karang, serta lansekap pulau-pulaunya yang melenakan mata. Sebut saja pemandangan spektakuler yang sangat epik dari atas Pulau Padar.
 
Taman nasional ini terdiri dari 5 pulau utama yaitu Komodo, Rinca, Padar, Gili Motang, Nusa Kode. Pulau lainnya: Sebayur, Mawan, Gili Lawa, Kelor, Kanawa, dll. TN Komodo menjadi salah satu New 7 Wonders of Nature dan Situs Warisan Dunia UNESCO.
 
Ke sini: Bandara Komodo di Labuan Bajo bisa dicapai dengan pesawat dari Jakarta, Denpasar maupun Kupang. Lama penerbangan langsung dari Jakarta 2,5 jam. Kalau dari Denpasar 1 sampai 1 jam 20 menit.
 
Showing 1 result.